BLOG IND◯N GRAPH

Tiga Klub Serie A Diduga Terlibat Pengaturan Skor
Klub Serie A Italia, Atalanta, Novara, dan Siena, berada dalam daftar 22 klub yang bakal diselidiki terkait dengan pengaturan skor. Penyelidikan sendiri akan dimulai pada hari Rabu (09/5) guna mengumpulkan data dan fakta akan kemungkinan manipulasi hasil pertandingan.



Beberapa pemain Sampdoria, yang sekarang bermain di Serie B, juga berada dalam daftar 52 pemain yang akan diselidiki, demikian pernyataan federasi sepak bola Italia (FIGC). Mereka mengacu pada komite disiplin FIGC, mengikuti investigasi oleh hakim di Cremona yang dimulai pada Desember.

Media-media Italia melaporkan bahwa kemungkinan akan dilangsungkan pengadilan olahraga besar-besaran pada beberapa bulan mendatang. FIGC mencantumkan 33 pertandingan, sebagian besar adalah pertandingan Serie B namun termasuk dua pertandingan Piala Italia, yang kemungkinan terdapat manipulasi pada beberapa musim terakhir. Atalanta, Novara, dan Siena sedang bermain di Serie B, di saat berlangsungnya pertandingan-pertandingan yang diduga telah dimanipulasi itu.

Atalanta memulai musim ini dengan minus enam poin, setelah mereka termasuk dalam 17 klub yang harus mendapat hukuman pengurangan poin pada Agustus silam, karena kasus pengaturan pertandingan.

Mantan kapten Atalanta, Cristiano Doni, dihukum tiga setengah tahun dalam tuduhan yang sama dan ditahan pada Desember tahun lalu. Ia merupakan salah satu dari 52 pemain yang menjalani investigasi terakhir, demikian pernyataan FIGC.

Pada April, mantan bek Bari, Andrea Masiello, ditahan dalam kaitannya dengan dugaan pengaturan pertandingan di Serie A musim lalu. Delapan rekan-rekan setim Masiello di Bari musim lalu juga telah diselidiki oleh polisi, mengenai kemungkinan terlibat dalam manipulasi pertandingan.

Jaksa ketua Bari, Antonio Laudati, mengatakan investigasi menunjuk bahwa lima pertandingan telah dimanipulasi pada musim 2010/2011 dan 2009/2010.

Juventus, yang menjuarai Liga Italia musim ini pada Minggu, sempat dilengserkan ke Serie B pada 2006 karena skandal pengaturan pertandingan, dan Scudetto mereka pada edisi 2005 dan 2006 juga dicopot sebagai hukumannya.

Categories:

Leave a Reply